TOBRONI 94

Blog catatan pribadi berisi pelajaran dan materi kampus, free source code project, pengalaman trip dan hal hal unik yang terjadi di sekililing penulis. Modifikasi Motor dan beberapa catatan pengalaman perjalanan.

Mengenal Jenis jenis Bahasa Pemrograman

Perkembangan dunia informatika harus kita akui cepat, sebab dari hari ke hari terus berganti dengan yang baru atau yang sering kita sebut uptodate. Dan semakin banyak pula device / perangkat yang lahir. Mulai dari kalkulator,komputer, Handphone, laptop, notebook, netbook, tablet, smartphone, raspberry dll.Nah demi memenuhi kebutuhan ini para programmer dituntut agar bisa memberikan layanan yang memuaskan para pengguna semua jenis perangkat.


Untuk memenuhi kebutuhan para pengguna semua jenis perangkat pastinya membutuhkan bahasa pemrograman yang sangat beragam. Pada dasarnya bahasa pemrograman terpusat pada perhitungan binary, untuk lebih jelasnya silahkan browsing digoogle. Yang akan kita bahas sekarang adalah bahasa pemrograman untuk komputer. Bahasa pemrograman untuk komputer juga masih dipisah lagi menurut GUI (graphic user interface) atau tampilannya. Ada yang langsung (dekstop), menggunakan internet (html,php),dsb. Saya akan mengambil lini dekstop yang cocok dengan saya. 

Seperti yang saya katakan diatas, ada banyak bahasa yang digunakan untuk pemrograman khususnya untuk lini dekstop. Berikut beberapa bahasa pemrograman dekstop yang saya ketahui :C#, C++, C, Java Dekstop, Paschal, VB.NET, C#.NET, Visual Basic(VB), DelphiPada postingan saya yang sebelumnya mengenai cara belajar menjadi programmer. Setiap programmer akan menguasai dengan baik satu jenis bahasa pemrograman. Kenapa ?
Setiap bahasa mempunyai keunggulan dan juga kelemahan serta algoritma yang berbeda. Bahasa pemrograman jarang yang mempunyai kesamaan dengan bahasa pemrograman yang lain sehingga penulisan script (scripting) akan berbeda pula, hal inilah yang menyebabkan mengapa seorang programmer menonjol pada satu bahasa pemrograman. Bisa dibayangkan bila kita berbicara diforum yang isinya orang dengan beragam bahasa sedangkan kita menguasai beberapa bahasa. Kemudian kita berbicara dengan orang jawa kita menggunakan bahasa jawa, kemudian dengan orang sunda pasti menggunakan bahasa sunda, selanjtunya dengan orang papua kita berbicara dengan bahasa papua dan seterusnya. Apakah kita bisa berbicara dengan bahasa lain tanpa mengalami kendala seperti lupa istilah dalam suatu bahasa atau keceplosan bahasa lain.


Dari postingan saya kali ini bisa diambil kesimpulan "pelajarilah satu bahasa pemrograman dan fokuslah dengan bahasa itu".

0 Komentar untuk "Mengenal Jenis jenis Bahasa Pemrograman"

 
Copyright © 2014 TOBRONI 94 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info Published By : Blog Mas Faiz